Senin, 01 Maret 2010

Game Terbaik

Aku sudah memainkan ratusan game 3D, dari berbagai genre RTS, RPG, Shooter, Sport dan sebagainya, sejak aku punya PC yang VGA-nya support game 3D; 2002 silam.Semuanya memiliki kelebihan dan keunggulan masing-masing; di bagian grafis, gameplay, storyline, dan berbagai hal lainnya. Secara obyektif, menurutku GTA IV adalah game terbaik secara keseluruhan hingga saat ini.
Kualitas grafisnya memang kalah dari Crysis dan game-game terbaru sekarang, tapi artificial intelligence (AI) dari pedestrian (NPC) yang dimiliki game ini benar-benar bagus. Pedsnya bisa baca buku, pakai HP, memakai payung jika hujan, lapor polisi, dan sebagainya.Game playnya juga cukup seru, walau menurutku telah disaingi oleh Saints Row 2 dan di kalahkan oleh Prototype untuk tipe game free roaming semacamnya. Sayang sekali, GTA IV belum bisa di modifikasi secara komplet seperti GTA San Andreas. Format file yang di pakainya (dengan engine RAGE), terbilang baru dan tanpa dukungan dari developernya sendiri, nampaknya butuh kerja keras bagi pihak ketiga untuk menciptakan tool-tool untuk mengeditnya.
Untuk bagian modding, bagiku GTA San Andreas masih game terbaik untuk di moding hingga kini. Lebih susah daripada Garry's mod, namun lebih banyak berbagai hal yang bisa dimodifikasi. Mulai dari model, mission script, sound, music, pathfinding (meski tak sempurna) dan sebagainya.

Main Nav